Cara Mengetahui Berita Hoax dan Pesan Palsu

Cara Mengetahui Berita Hoax dan Pesan Palsu - Maraknya berita hoax membuat masyarakat resah dan dihantui bayang bayang ketakutan. Berita palsu ini banyak digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk keuntungan dirinya sendiri. Kenapa demikian ? Bisa jadi oknum tersebut memang di bayar untuk menciptakan sebuah drama dengan menyebar berita hoax. Karena berita hoax sangat berbahaya masyarakat wajib mengetahui kebenaran beritanya dengan cara yang akan saya jelaskan.

Berita hoax sering kali berkaitan dengan tokoh publik baik pemimpin partai politik, bahkan ulama pun dijadikan korban berita hoax. Oleh karena itu, saat ini kita harus waspada mengenai berita hoax yang semakin marak. Berikut ini adalah cara mengecek kebenaran berita hoax.


cara mengetahui berita hoax dan pesan palsu
cara mengetahui berita hoax dan pesan palsu

Cara Mengetahui Berita tidak Benar

Untuk mengetahui berita yang sedang viral apakah hoax atau palsu, kamu tidak perlu susah susah mengecek fakta ke lapangan langsung. Gunakan 3 langkah berikut ini.

1. Kenali Tata Bahasa yang digunakan


Seorang pembuat berita hoax akan menggunakan bahasa yang seolah memojokkan salah satu pihak atau tokoh agaman. Baik pihak dari partai politik atau pun ulama. Bahkan parahnya sekarang ini banyak berita hoax mengenai isu Organisasi terlarang. Padahal oragnisasi tersebut sudah tidak ada di Indonesia.

Contoh tata bahasa yang memojokkan seorang tokoh atau kelompok tertentu misalnya "Partai A melarang dikumandangkan Adzan karena bikin gendang telinga pecah". Secara tata bahasa sudah memojokkan kelompok tertentu dan hal tersebut TIDAK MUNGKIN dilakukan oleh partai tertentu melarang adzan.

Bisa di logika saja ya, kita hidup di Indonesia dengan berdasarkan Pancasila yang menghargai setiap umat beragama. Jika ada partai yang melarang adzan pastinya akan dibenci masyarakat dan akan merugikan partai itu sendiri. Bisa saja berita tersebut memang digunakan untuk menjatuhkan lawan politik atau tokoh tertentu yang berpengaruh.

2. Mengecek URL Situs Berita



Cek situs gratisan seperti blogspot - Biasanya ada orang yang membagikan berita hoax melalui link situs berita tersebut. Nah, hal ini mudah saja di cek kebenarannya. Perhatikan link/URL beritanya, apabila masih menggunakan blogspot (contoh: www.britanews.blogspot.com) bisa dipastikan berita Hoax. Berita besar mengenai suatu permasalahan akan di posting oleh website atau blog yang terpercaya dengan URL resmi dan berbayar (contoh:www.detik.com).

Kenapa saya bilang sudah pasti hoax ? Untuk membuat blog dengan domain blogspot sangat mudah sekali semua orang pun bisa dan gratis pula. Jadi siapa pun yang membuat blog dengan URL blogspot tidak akan rugi apabila blognya di banned oleh pemerintah karena berani membuat berita hoax.

Seorang penyebar berita hoax bahkan membuat alamat blog dengan nama perusahaan tertentu (contoh: www.MNC-NEWS-Media.blogspot.com) Lihat saja masih menggunakan blogspot. Ya meskipun banyak blogspot yang bisa dipercaya seperti sosmedpc.blogpsot.com, tapi berita viral dan hoax banyak di posting oleh blogspot dan bisa di cek URL nya akan terlihat aneh dan mengada ada.

Situs terpercaya dan berbayar - Kecuali ketika ada berita hoax yang di posting sebuah situs sebesar detik.com pasti pihak detik.com akan rugi besar jika web nya di banned oleh pemerintah gara gara memposting berita tidak benar. Oleh karena itu alamat situs yang menggunakan nama resmi kemungkinan besar adalah berita benar.

Tetapi apabila situs seperti kompas.com, detik.com, okezon.com memuat berita yang memojokkan kelompok tertentu bisa saja mereka mendapatkan informasi berdasarkan fakta di lapangan alias mereka mencari informasi secara langsung kepada pihak yang terkait.

Lalu bagaimana jika ada URL berita yang berbayar seperti blog ini (contoh : www.setiaji.com) tapi isi kontennya memojokkan kelompok atau tokoh tertentu ? Tenang saja, Anda bisa mengecek di langkah nomor 3.

3. Mengecek Berita di situs www.TurnBackHoax.id 


gambar : situs turnbackhoax untuk mengecek kebenaran berita


Situs tersebut adalah situs yang menampilkan berita berita yang sedang viral dan mengecek kebenarannya melalui fakta dilapangan. Situs tersebut beralamatkan www.turnbackhoax.id yang di kelola oleh masyarakat anti fitnah indonesia (MAFINDO).

Alamat URL situs tersebut sudah resmi asli Indonesia karena berakhiran (.id). Untuk mendaftarkan situs .id dibutuhkan verifikasi KTP. Dengan begitu, apabila situs turnbackhoax memuat berita hoax pastinya pemilik situs akan terjerta UU ITE.

Di situs tersebut bahkan disediakan fitur untuk melaporkan berita hoax, nantinya pengurus MAFINDO akan mengecek kebenarannya melalui fakta lapangan.

Kesimpulan :


Mengecek Berita Hoax bisa dilakukan dengan cara mengecek tata bahasa yang digunakan, alamat situs berita dan melalui website www.turnbackhoax.id

Selanjutnya adalah sikap yang harus dilakukan ketika mendapatkan berita dengan ciri ciri memojokkan kelompok tertentu. Silakan klik beritanya berikut.

Februari 28, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengetahui Berita Hoax dan Pesan Palsu.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar