Pengertian web : sejarah, fungsi dan jenis jenisnya terlengkap menurut para ahli

Pengertian web serta sejarah dan jenis jenisnya - Website atau biasa disebut sebagai web merupakan sebuah situs sistem informasi yang dapat diakses oleh semua orang yang memakai terhubung ke internet dengan komputer atau smartphone.

Definisi Web : Sejarah, Fungsi dan Jenis jenisnya

Sebagian sejarah website sudah saya kupas di paragraf kedua. Pengertian website sendiri bisa dikategorikan menjadi pengertian web secara umum dan pengertian web oleh para ahli.

Pengertian web : sejarah, fungsi dan jenis jenisnya terlengkap menurut para ahli

Sejarah Web (Awal Perkembangan Website)


Latar belakang kemunculan website diawali karena berkembangnya teknologi informasi sehingga tercipta jaringan antar komputer dan saling berkaitan. Jaringan komputer tersebut dikenal dengan internet dan secara pesat berkembang menjadi pesan pesan elektronik seperti e-mail. Selain itu, internet memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dua arah.

Menurut beberapa ahli bahwa web adalah salah satu bagian internet yang paling terlihat. Sehingga web atau website memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan komunikasi melalui internet.

Pengertian Web Secara Umum


Sebuah website memiliki domain yang pasti diawali dengan www (world wide web). Ini adalah sebuah mekanisme bahwa seluruh nama domain di dunia memakai awalan www.

Web adalah salah satu layanan yang dapat di peroleh oleh sesorang yan terhubung ke jaringan internet melalui komputer atau perangkat lain.

Situs web sendiri merupakan sebuah sistem yang menampilkan informasi yang dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar.

Blog dengan Web itu sama atau beda ?



Web memberikan sebuah layanan yang dibutuhkan pengguna, sehingga terjadi alur data yang nanti data tersebut digunakan untuk menghasilkan informasi di dalam situs tersebut. Silakan kunjungi website pendidikan, pasti akan berbeda dengan blog.

Banyak orang yang berpendapat bahwa web adalah sebuah situs yang berisi satu bahasan topik saja. Sedangkan blog dapat berisi berbagai macam jenis informasi. Memang benar sih, lantas jika saya membahas di blog ini dengan satu bahasan topik misal tentang game apakah bisa dikatakan web ? Tidak kan ? Maka ada perbedaan web yang lain yang mungkin lebih signifikan

Kalau blog hanya menampilkan informasi dimana pengguna internet hanya bisa membaca informasinya saja. Seperti blog ini anda hanya dapat melihat informasi di blog sederhana ini, tidak bisa input data seperti halnya website.

Pengertian web sejarah, fungsi dan jenis jenisnya terlengkap menurut para ahli web pendidikan
contoh website pendidikan


Jadi dapat disimpulkan bahwa web adalah sistem informasi yang memberikan layanan kepada pengguna seperti input data, edit data dan lain sebagainya. Sedangkan blog adalah sebuah halaman yang memberikan informasi berupa teks atau video dimana pengunjung tidak dapat melakukan pengolahan data.

Pengertian Web Menurut Para Ahli


1. Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web adalah sebuah layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau email.

2. Menurut Wahana Komputer, Web merupakan formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sebuah jaringan komputer

3. Menurut A. Taufiq Hidayatulla, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia yaitu internet. Jadi, web adalah bagian dari internet yang paling terlihat.

4. Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang memiliki nama dan alamat. Alamat yang dimaksud adalah domain. Bisa dilihat di blog ini nama domain adalah setiaji.com

5. Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi karya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar lagi.

6. Menurut Feri Indrayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat film, gambar, suara, serta musik yang ditampilkan dalam internet.

7. Menurut Tuhefizar, Web adalah suatu metode dalam menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan memiliki kelebihan untuk menghubungkan link satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah aplikasi yang biasa disebut sebagai browser.

 

Jenis jenis Website

Website dibagi menjadi dua yaitu website dinamis dan website statis. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang berbeda.

Web Dinamis

Sesuai dengan namanya, web dinamis adalah sebuah situs yang menampilkan halaman informasi yang selalu berubah ubah tanpa mengubah kode programnya. Dalam pengembangannya, web dinamis menggunakan bahasa pemrograman web seperti html, css, javascript, php dan mysql.

Web jenis ini tergolong lebih sulit dalam pengembangannya, karena disamping memperhatikan tampilan website kita juga harus memikirkan sistem didalamnya seperti input data, edit data, hapus data dan fungsi pengolahan data yang lainnya.

Web dinamis juga bisa menjadi situs pengolahan data. Misal saja, web pendidikan dimana seorang siswa bisa menginputkan data mereka di situs tersebut.

Web Statis

Web statis adalah web yang berisi informasi tetapi tidak dapat berubah ubah layaknya web dinamis. Bisa diubah pun dengan mengubang kode program didalamnya.

Web statis banyak digunakan untuk media pembalajaran bagi mereka yang ingin belajar desain web. Jadi, dengan web statis kita tidak pusing memikirkan sistem pengolahan data didalamnya.

Untuk bisa membuat web statis minimal kita menguasai kode pemrograman web HTML dan CSS.

 

Fungsi Website

Secara umum website memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai berikut :

1. Berfungsi sebagai Komunikasi

Situs web memiliki fungsi komunikasi yang pada umumnya terdapat di dalam web dinamis. Karena dibuat dengan bahasa pemrograman web sehingga bisa dilengkapi dengan fungsi komunikasi seperti adanya form chatting.

2. Berfungsi sebagai Informasi

Situs web jenis ini menekankan pada fungsi pemberian informasi yang berkualitas. Karena memang situs web ini memiliki tujuan sebagai tempat sharing informasi maka penggunaan animasi bergerak, audio, dan atribut lainnya bisa dihapus saja.

Situs web yang bertujuan untuk membagikan informasi lebih baik memiliki kecepatan loading yang cepat sehingga orang semakin suka dengan situs web tersebut. Cara agar loading cepat ya harus mengurangi atribut seperti animasi bergerak, audio dan aribut yang lainnya.

3. Fungsi Hiburan

Situs web bisa menjadi hiburan bagi para pengunjung web. Website yang memiliki fungsi hiburan biasanya seperti web download game, musik atau file sharing lainnya.

Bahkan kamu bisa membuat blog streaming yang pastinya akan selalu ramai pengunjung.

4. Berfungsi sebagai media transaksi

Ketika kamu membuat situs web dan bertujuan untuk membuatnya sebagai transaksi, kamu bisa menjadikannya seperti market place atau tempat belanja. Terlebih lagi situs transaksi ini bisa juga miliki perusahaan bank. Situs bank biasanya menyediakan sebuah web untuk transaksi dan biasa dinamakan internet banking.











Februari 12, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Pengertian web : sejarah, fungsi dan jenis jenisnya terlengkap menurut para ahli.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar