Waspada Bisnis Online Tanpa Legalitas!

Waspada Bisnis Online Tanpa Legalitas!


Waspadai Bisnis Online Tanpa Legalitas, Ceritaku- Ingin mendapatkan keuntungan dengan cara tanpa jualan zaman sekakarang pun bisa kenyataan. Salah satu yang sedang marak saat ini adalah bisnis online dengan embel-embel profit besar tanpa perlu modal besar.


Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya sendiri mengikuti bisnis online yang profitnya cukup menggiurkan. Sebelum saya membahas lebih jauh saya ingin menjelaskan sedikit mengenai apa itu bisnis Online.


ilustrasi gambar bisnis online dan investasi

Bisnis Online



Bisnis Online adalah sebuah kegiatan mencari keuntungan dengan melakukan mekanisme sistem yang telah ditetapkan secara online. Ada banyak jenis bisnis online mulai dari jual beli online yang mana salah satu pihak harus memiliki sebuah barang yang memiliki nilai jual dan dibutuhkan si pembeli.

Jenis bisnis online yang paling banyak di gemari dan mengundang gairah seseorang untuk segera bergabung adalah bisnis online investasi. Salah satu perusahaan yang termasuk jenis bisnis ini adalah BDIGroups. Tapi namanya kini berubah menjadi Vbdata.

Diluar sana memang masih banyak jenis bisnis yang selaras dengan BDIGroups atau Vbdata tapi kali ini saya ingin menceritakan hasil pengamatan saya ketika bergabung dengan Vbdata. Maksud saya menulis artikel ini bukan untuk menyalahkan perusahaan terkait, tetapi ingin menyampaikan opini murni dari saya.

Apa itu VBdata ?


Secara singkat saja saya kutip dari website resminya, VBdata adalah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. “Katanya” perusahaan ini membuat game-game online, live streaming dan aneka produk lainnya.

Darimana modalnya ? Disinilah letak bisnis VBdata yakni menggait investor sebanyak-banyak nya dan berbagi keuntungan melalui hasil jualan produk digitalnya. Profit yang ditawarkan pun tidak main-main, yakni 1% dari saldo investasi tiap harinya.

Sekilas sangat menggiurkan untuk bergabung bukan ? Ya, sayapun tanpa pikir panjang langsung gabung model investasi seperti ini. Lalu bagaimana sistemnya ? Saya akan jelaskan secara singkat di sub bab berikut ini.

Mengenal sistem bisnis online VBdata



Syarat Bergabung Menjadi Investor

Untuk mendapatkan profit 1% setiap harinya, Anda perlu bergabung menjadi investor. Caranya ? Caranya adalah mendaftarkan diri melalui “leader” atau orang orang yang melakukan promosi bisnis ini di Facebook atau media online lain. Persyaratan bergabung yang saya dapati dari leader adalah sudah memiliki KTP dan rekening bank BNI/BRI.

Syarat kedua adalah mematuhi peraturan leader bahwa kurs dollar ditentukan oleh leader yakni $10 = 17 ribu waktu itu. Untuk kurs beli hanya 14ribu per $10.

Mekanisme Menjadi Investor



Waktu itu saya didaftarkan oleh teman Blogger yang namanya tidak bisa saya sebutkan. Untuk bergabung memang saya tidak bisa daftar sendiri, tetapi harus didaftarkan oleh orang yang sudah bergabung. Namun, karena teman saya ini statusnya masih “newbie” maka uang transferan diminta ke rekening leader number one se-Indonesia (bau-bau MLM mulai terendus :v).

Karena saya sudah tidak sabar ingin berbisnis sampingan tanpa capek-capek jualan, akhirnya saya transfer sejumlah uang sebesar $30 yang jika mengikuti kurs dollar dari leader setara 510 ribu. Setelah berhasil transfer, leader number one mengirimkan sejumlah saldo (FC) yang berlambangkan $ sebesar yang saya beli yakni 30 dollar ke akun VBdata.

Mekanisme profit 1% perhari melalui penggandaan saldo



Setelah berhasil bergabung saya akan mendapatkan saldo berupa FC. Untuk bisa mendapatkan profit 1% per hari, maka saya harus melakukan TopUp saldo FC menjadi FCC (mata uang digital). Cara -cara top up tidak perlu saya jelaskan disini karena akan terlalu banyak.

Ternyata benar, setelah top up FCC saya berubah menjadi 60 dan saldo FC menjadi 0. Dalam pikiran saya memang benar bahwa ini adalah penggandaan saldo menjadi mata uang digital. Angka 60 pada FCC nantinya akan menjadi saldo FC ($) sebesar 60 juga, tetapi harus menunggu selama kurang lebih 129 hari hingga benar-benar saldo FCC berpindah ke FC.

Mekanisme profitnya sebenarnya sudah ditetapkan yakni 100% dari modal awal. Tetapi profit 100% tersebut akan terus berkurang sebanyak 1% dari sisa saldo FCC masuk ke saldo FC. Nah, setelah semua profit mengalir ke saldo FC, barulah bisa dicairkan ke perusahaan atau ke leader atau dijual ke member.

Kalau model investasinya begini, sebenarnya sama saja seperti perusahaan berhutang kepada kita dan menahan modal selama 129 hari untuk digunakan menjalankan bisnisnya dan berbagi keuntungan ketika kita mencairkan dana. Jika Anda ingin mendapatkan profit lebih besar maka lakukan recompound (menahan modal lebih lama dengan topup lagi), begitu kira-kira pandangan saya.

Pencairan Saldo ke Leader lebih mudah kenapa tidak ?


Saya sendiri tipe orang yang malas promosi atau mencari member. Akhirnya saya mencairkan dana FC ke leader atau anggota VBdata yang ingin membeli saldo saya. Untuk mencairkan saldo FC minimal adalah $10 dan saya lakukan secara berangsur-angsur.

Sebenarnya pencairan saldo yang benar adalah ke Perusahaan VBdata. Tetapi mekanisme yang lama, rumit dan jlimet membuat saya enggan untuk mempelajari caranya. Akhirnya semua member termasuk teman yang mendaftarkan saya pun mencairkan dana melalui leader diatasnya.

Apa yang membuat saya terkejut ? Ternyata leader number one se-indonesia :v tidak pernah mencairkan dana ke perusahaan. Sehingga model investasi ini serasi dengan MLM yang mana perputaran uang disitu-situ saja dan tidak akan bisa mendapatkan “uang nyata” tanpa mencari member. Jadi, untuk menggendutkan rekening, leader mau tidak mau harus mencari member sebanyak-banyaknya.

Awal Mula Kecurigaan Perusahaan Tanpa Legalitas


Ketika awal ingin bergabung saya menanyakan legalitas VBdata yang kata leadernya sudah legal di negara asalnya, kalau tidak salah Kamboja. Saya cari-cari beritanya dan memang benar sudah legal di negeri asalnya. Tetapi bagaimana dengan OJK Indonesia ? Ternyata belum, dan leader pun bersikukuh bahwa VBdata sudah legal, jadi tidak perlu legalitas dari OJK Indonesia.

Saya yang masih awam pun berhasil terseret ke bisnis dan jaringan leader ini :v. Setelah itu kecurigaan saya berlanjut sampai VBdata mengubah mekanisme topup. Jadi, bagi kita yang ingin “menggandakan saldo” diperlukan PIN. Apa itu PIN ? PIN adalah saldo yang digunakan sebagai syarat melakukan top up. Untuk Top UP $10 dibutuhkan 1 PIN.

Bagaimana mendapatkan PIN ? Tentu saja dengan beli :v, bisa beli kepada leader dengan kurs 10PIN = $10. Apakah saya sudah terlarut dengan mekanisme yang baru ini ? Tentu saja tidak :v.

Berhenti TopUp di VBdata


Ketika VBdata menerapkan PIN sebagai syarat top up, saya sudah berhenti melakukan top up dan menunggu saldo FCC masuk ke saldo FC. Saat itu kalau tidak salah, saya sudah cairkan dana FC total sebesar $50 dan VBdata mengalami kendala.

Alasan saya berhenti top up adalah saya yakin perusahaan yang tidak diawasi secara legal di Indonesia akan semena-mena dalam menerapkan kebijakan bisnisnya. Padahal hal ini merugikan member-membernya.

Sebenarnya perusahaan VBdata ini bukanlah penipuan, tetapi mekanisme bisnisnya yang menyulitkan member serta merugikan banyak pihak. Sekitar 8 bulan saya bergabung dengan perusahaan ini dan kini mekanisme pencairan dananya semakin rumit.

Bagaimana tidak ? Untuk mencairkan dana FC Anda perlu mencairkan menjadi FCC yang ternyata sudah legal di pasar uang digital global (bdtrex). Melalui bdtrex, Anda perlu mencairkan lagi ke indodax dan dari indodax barulah Anda bisa mencairkan ke rekening pribadi.

Hal yang paling membuat rugi adalah setiap perpindahan dana bdtrex -> indodax -> rekening pribadi dikenakan fee atau biaya admin yang cukup besar.

Berhati-hati dalam bisnis Onlie investasi


Untungnya saya sudah mencairkan dana sebelum terjadi kendala seperti sekarang ini. Saya pun akan lebih berhati-hati ketika ingin bergabung dengan perusahaan investasi semacam VBdata. Anda pun harus berhati-hati dengan menanyakan legalitas di negeri kita Indonesia, bisa OJK Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar